Mukti-smansa Weblog

english is fun

Mathabah Foundation Home Page - Shaykh Yusuf Badat

IslamicPoem - Islamic Poems - IslamicPoem - Islamic Poems - Islamic Poetry

Future Islam → The Future For Islam

20 Maret 2009

Ketika Kaskuser “Mengusik Mata” Awamer

Tulisan ini beserta judulnya itu memang terpicu oleh postingan “Ketika-Ngaskus-pun-Bisa-Bikin-Heboh” yang terdeteksi oleh RRS-feed agregator “Para Cucu Eyang Muslim” alias Komunitas Blogger Muslim di sisi kanan bawah blog WP-ku: awamologi-banner.

Sang penulis postingan adalah Romi Satrio Wahono (RSW), founder IlmuKomputer.com. Postingan itu rupanya merupakan respons atas “kehebohan” yang terjadi di Kaskus (nama sebuah situs web) pada salah satu tret (thread)-nya ini: “[hot] ternyata founder ilmukomputer.com ngaskus!!

Tret itu dibikin oleh Sulp. Dia menulis bahwa postingannya ini (18 Maret 2009) berawal dari sebuah kecurigaan ketika pada seminar minggu lalu pada slide presentasi RSW tentang web rank di Indonesia oleh alexa.com nongol screenshot Kaskus. Dia pun mulai bertanya-tanya, berarti RSW ngaskus juga, dong? Kecurigaannya makin menjadi-jadi saat di tengah-tengah penyampaian materi tentang riset, RSW tiba-tiba mengingatkan salah satu peserta, “Makanya Mas, kalo posting jangan cuma ‘nice info’, ‘keep posting’ aja....” Nah lo, itu kan postingan (reply) khas Kaskuser.

"Mbok, kalo posting yang bermutu gitu," lanjut RSW.

Sulp pun makin penasaran meski belum yakin menyimpulkan RSW ngaskus juga. Dia bahkan tak langsung bikin tret ini. Ia tunda sampai seminggu karena minggu depannya RSW ngasih seminar lagi di kampusnya. Kali ini (17 Maret 2009) materinya tentang green computing. Ternyata, di tengah-tengah materi, soal web rank dibahas lagi dan screenshot Kaskus muncul kembali. RSW pun bilang, "Bayangin adek2, Kaskus itu sekarang ngalahin det*k.com lho dan sumbernya tepercaya."

Berdasarkan penelusuran sulp, ternyata RSW ngikutin salah satu tret di Kaskus tentang tewasnya mahasiswa Indonesia di NTU (ming-ming case). Menurutnya, RSW bilang, "Berbeda dengan media-media yang lain, yang mengatakan mahasiswa tersebut bunuh diri, di sana berbeda dan saya lebih percaya karena temannya langsung yang menceritakan...." Sulp pun menyimpulkan bahwa mungkin (info dari teman) itu yang RSW maksud sebagai sumbernya tepercaya.

”Pitpiiwww ... akhirnya pertanyaan gw terjawab sudah ... ternyata, oooh, ternyata seorang founder Ilmukomputer.com ngaskus juga...Your browser may not support display of this image. . Yah minimal ngikutin salah satu tret di Kaskus-lah (ngaskus juga kan namanya?? Your browser may not support display of this image.)” Begitu simpul Sulp.

Nah, lalu bagaimana tanggapan RSW?

Lewat tulisannya “Ketika Ngaskus...itu, RSW pun bilang, “Ketika ngaskus pun bisa bikin heboh, aku mulai khawatir dengan diriku. Apa yang telah aku lakukan, kapan, di mana, bagaimana, dan semalam berbuat apa? Hihihi. Padahal sebenarnya sudah tahunan gitu ngaskusnya, tentu tak akan kuberi tahu apa nickname or id-ku hihihi. Andai kau tahu, Romi Satria Wahono alias RSW juga manusia gitu loh gan! Your browser may not support display of this image.

Lagipula, menurut RSW, Kaskus juga bukan tempat yang buruk untuk mencari informasi, malah kadang lebih valid, jujur, dan sering lebih cepat karena pakai “pertamax” bin “pertamax plus” daripada detik atau okezone Your browser may not support display of this image..

“Jangan lupa pula, kita sudah pasti banyak dapat ‘nice info’ di sana yang bisa membuat riset kita tentang konten web dan internet jadi hidup, berbunga, dan penuh warna. Lha kok bisa? Lha iyalah, masa ya iya dong Your browser may not support display of this image.. Kaskus itu secara rangking (peringkat) kunjungan untuk situs Indonesia (sumber: Alexa.Com), selevel dengan detik.com bahkan sering di atasnya. Yang pasti jauh mengungguli wikipedia.org dan bagaikan terbang di atas awan bagi rapidshare.com, 4shared.com, atau kapanlagi.com Your browser may not support display of this image.

“Bayangkan,” RSW melanjutkan, “ketika kita mengirim posting keren, meskipun kita ini cah ndeso nan kutu kupret, kita tetap disanjung layaknya juragan. Nggak akan lama, tunggu saja, ‘mantab gan’, ‘lanjut gan’, ‘keep posting’, dan sanjungan penuh motivasi lain akan datang bertubi-tubi mengomentari posting keren kita Your browser may not support display of this image.

Lalu, pada bagian akhir tulisannya, RSW bilang begini. “Andai kau tahu, ngaskus kadang perlu kita lakukan, ketika kita bosan dengan berita formalitas, berita penuh tipu daya, dibuat-buat dan rekayasa ala media massa formal. Ngaskus and jadi kaskuser, siapa takut? Hihihi.”

Tak lupa pula ia menambahkan salam khasnya, “Tetap dalam perdjoeangan!” Plus tanda tangan. Your browser may not support display of this image.

Banyak komentar di kedua tempat itu, di blog RSW dan di tret “heboh” Kaskus. Terutama yang di Kaskus. Hampir semuanya bernada “menyanjung” Kaskus. Bahkan, banyak yang mengklaim, “Siapa sih orang yang gak kenal Kaskus?”

He he he, ada yang blum kenal, Gan: orang awam pedagang awamologi. Klo denger-denger sih sudah. Nah, karena baru sebatas denger, aku kok suka ketuker-tuker ma itu tempat buang hajat: kakus. Jangan-jangan isinya banyak yang “jorok dan bau” (j-and-b) ya.

Kalau berdasarkan penuturan RSW dan selintas penelusuran di tret Sulp serta komen-komen Kaskuser lain sih wajar-wajar saja. Lagipula, menurutku, kalaupun ada ataupun banyak yang j-and-b, kan bisa saja itu dibikin “pupuk kompos” atau “gas” buat masak. Intinya, kembalikan segala sesuatunya pada arah yang benar. Gitu aja kali, ya Gan. Berikut ini sekadar ilustrasi yang diambil dari postingan RSW.

Your browser may not support display of this image.

4 komentar:

  1. saya adalah salah satu orang yang baru kenal KASKUS. Kuno gak ya?

    BalasHapus
  2. Enggaklah, bos. Aku rasa ya tergantung ma kebutuhan kita aja, apakah lalu perlu mengenalnya atau tidak.

    BalasHapus
  3. walah, saya malah ndak pernah ngikutin update kaskus, mas. saya juga ndak tahu nih, pernah bikin akun di kakus, pa ndak, yah. hehe ....

    BalasHapus
  4. saya gimana yah
    byme

    BalasHapus